rukman…

Nama lengkap saya Rukman Nugraha. Saya dilahirkan pada suatu sore di sebuah kota yang resik di Priangan Timur, Indonesia saat sebagian umat Islam sedang wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi tahun 1399 H. Tanggal tersebut bertepatan dengan 30 Oktober 1979 M.

Menurut orang tua, salah satu arti kata “Nugraha” yang disematkan pada nama Rukman Nugraha adalah agar saya menjadi anugrah, baik itu bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan di mana pun saya berada. Adapun kata “Rukman” disematkan oleh kakek dari pihak ayah. Sayangnya, saat ingin mengetahui arti nama tersebut, kakek sudah meninggal dunia. Karenanya, hingga saat ini arti nama pertama tersebut tidak saya ketahui. Namun demikian, saya tetap yakin, sebagaimana orang tua saya, bahwa nama tersebut adalah nama yang terbaik bagi saya.

Sejak kecil saya senang memandangi langit. Saat bermain bola pada sore hari bersama teman-teman, prosesi ”tertelannya” sang Surya oleh Gunung Galunggunglah yang lebih saya nikmati daripada bermain bola 🙂 Begitu juga saat malam atau subuh hari tatkala langit sedang cerah. Saat itulah terkadang saya bertanya: Ada apa di langit sana? Mengapa begitu? Dan sederet pertanyaan lainnya. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang ”menuntun” saya untuk menjawab ”Menjadi Astronom!”, tatkala ditanya tentang cita-cita oleh orang lain. Alhamdulillaah, saat menempa diri di Astronomi ITB, cita-cita itu semakin terrealisir. Kini saya sedang berusaha mengamalkan keilmuan saya dengan menjadi astronom di tempat bekerja sekarang, di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jakarta. Selain itu, juga dengan menulis di blog ini. Harapan saya, semoga blog ini bermanfaat dan menjadi anugrah bagi semua.

r^_^n

Advertisements

6 thoughts on “rukman…”

  1. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang “menuntun” saya untuk menjawab “Menjadi Astronom!”

    Pengalaman saya, kadang-kadang jawaban ini tidak diterima dengan baik oleh penanya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Menyibak Tirai Ketaksempurnaan, Menjejaki Titian Keabadian

%d bloggers like this: